Minggu, 05 Januari 2014

Selintas Tentang Syekh Maulana Mansyuruddin


Syekh Maulana Mansyuruddin memiliki banyak nama sebutan. Diantaranya Sultan Abu Nasri, Sultan Abdul Kohar, Abdul Shaleh, dan Sultan Haji. Sultan Syekh Mansyur adalah putera Sultan Agung Abdul Fatah Tirtayasa. Pada tahun 1651 M, Sultan Agung Abdul Fatah Tirtayasa berhenti sebagai kesultanan atau raja Banten ke enam. Lalu digantikan kepada Syekh Maulana Mansyuruddin sebagai sultan ke tujuh.
Semasa kesultanannya, Syekh Maulana Mansyuruddin telah mengunjungi beberapa Negara. Setelah dua tahun menjabat, Syekh Maulana Mansyuruddin berangkat ke Iraq untuk mendirikan tanah Banten di Bagdad, sehingga untuk sementara kesultanannya diserahkan kepada puteranya Adipati Ishaq atau Sultan Abdul Fadhli. Sebelum keberangkatannya ke Iraq, ayahnya memberikan wasiat agar ia tidak singgah kemana-mana sebelum pergi ke Iraq, terkecuali jika ke Mekkah. Namun ternyata setibanya Di Bagdad, Syekh Maulana Mansyur uddin 
tidak bisa mendirikan tanah Banten. Di dalam perjalanan pulang, Syekh lupa akan titah ayahnya, sehingga ia mampir ke pulau Menjeli di kawasan China. Ia pun menetap di sana selama dua tahun dan menikahi Ratu Jin yang kemudian dianugerahi satu orang putera.
Selama ia berada di China, Sultan Adipati Ishaq di Banten terbujuk oleh Belanda sehingga ia resmi menjadi Sultan Banten. Tetapi Sultan Agung Abdul Fatah tidak menyetujui karena Sultan Maulana Mansyuruddin masih hidup dan harus menunggu kepulangannya dari Bagdad, karena adanya perbedaan pendapat tersebut akhirnya menyebabkan keributan.
Suatu saat, ada seseorang yang baru turun dari kapal mengaku sebagai Sultan Syekh Maulana Mansyuruddin dengan membawa oleh-oleh dari Mekkah. Orang-orang yang ada di sekitar kesultanan Banten pun mempercayinya, termasuk Sultan Adipati Ishaq. Ternyata, orang yang mengaku-ngaku Sultan Maulana Mansyruruddin adalah pendeta keturunan dari Raja Jin yang menguasai pulau Manjeli di China. Selama menjadi Sultan palsu dan menyebabkan kekacauan, akhirnya rakyat membenci Sultan dan keluarganya. Termasuk kepada ayahnya Sultan Agung Andul Fatah. Untuk menghentikan kekacauan tersebut Sultan Agung Abdul Fatah dibantu oleh Auliya Allah yang bernama Pangeran Bu’ang yang merupakan keturunan dari Sultan Maulana Yusuf (Sultan Banten ke dua). Akhirnya kekacauan dapat dihentikan setelah adanya peperangan antara Sultan Agung Abdul Fatah melawan Syekh Maulana Mansyuruddin palsu. Sultan Agung Abdul Fatah dan Pangeran Bu’ang kalah sehingga dibuang ke daerah Tirtayasa. Maka dari itu, rakyat menyebutnya dengan nama Sultan Agung Tirtayasa.
Peristiwa tersebut terdengar oleh Sultan Maulana Mansyuruddin di pulau Menjeli. Akhirnya ia baru sadar dan teringat akan wasiat ayahnya. Segeralah ia memutuskan untuk pulang ke Banten. Namun sebelum pulang ke Banten, ia pergi ke Mekkah untuk memohon ampunan kepada Allah SWT karena merasa telah melanggar wasiat ayahnya. Setelah itu, ia memohon diberi petunjuk kepada Allah agar ia dapat kembali ke Banten. Dengan izin Allah SWT, Syekh Maulana Mansyuruddin menyelam di sumur zam-zam yang kemudian muncul di daerah Cimanuk Pandeglang yang sedang mengalami masalah besar karena ada lubang air yang tidak henti-henti mengeluarkan air. Lalu ia menutupnya lubang itu dengan alquran (pernah di bahas sebelumnya tentang sejarah Batu Quran). Setelah membereskan kejadian tersebut, ia memohon ampun kepada Ayahandanya, dan akhirnya ia kembali menjabat sebagai sultan.
Singkat cerita, setelah ia menyiarkan agama Islam ke berbagai daerah, ia kembali ke Cikadueun. Dan meninggal dunia pada tahun 1672 M kemudian dimakamkan di Cikadueun Pandeglang Banten. Sampai sekarang, tempat pemakaman Syekh Maulana Mansyuruddin sering dikunjungi atau diziarahi oleh masyarakat dari berbagai daerha dan dikeramatkan.
Penziarah Datang dari Berbagai Daerah
Mula-mula, tempat keramat ini tidak begitu ramai seperti sekarang. Menurut Saepulloh, juru pelihara tempat wisata ziarah Cikadueun tersebut mengatakan sebelumnya hanya kerabat-kerabat atau keturunan Syekh saja yang datang untuk ziarah. “Dulu hanya orang-orang terdekat saja, tapi sekarang sudah menjadi tempat ziarah umum, bahkan dari daerah jauh pun datang beramai-ramai untuk ziarah kesini,” kata bapak kelahiran Pandeglang, 18 Januari 1969 ini.
Setiap hari, tempat ini selalu didatangi oleh pengunjung dari berbagai daerah. Seperti dari Jawa, Sukabumi, Medan, Bogor, dan lain sebagainya. Menurut Saepulloh, selama dua puluh empat jam ia berjaga-jaga di tempat itu karena pengunjung selalu berdatangan. Terutama pada bulan-bulan tertentu. Seperti saat bulan Maulid, bulan Sya’ban, dan bulan Syawal.
Selain untuk beribadah, pengunjung biasanya membawa air dari tempat ziarah tersebut. Di tempat wisata ziarah Cikadueun memang ada air yang tidak pernah habis. Air tersebut ada dalam Gentong Pusaka yang konon mengandung barokah.
“Air tersebut adalah wasiat dari Syekh Maulana Mansyuruddin, barokahnya yang tergantung pada kepentingan masing-masing,” ujar bapak tiga orang anak ini.
Setelah menjadi kawasan wisata ziarah, tempat ini menjadi sumber mencari rezeki bagi penduduk sekitar dengan berjualan. Sepanjang jalan menuju tempat ziarah, kita disambut dengan suguhan jajanan khas Banten seperti Emping, Keceprek, dan ada pula yang berjualan wewangian dan peci.
“Alhamdulillah, tempat wisata ziarah ini juga berimbas baik kepada penduduk Cikadueun, seperti berjualan, ojek juga jadi tidak sepi penumpang, dan lainnya,” lanjut pria yang telah berpuluhan tahun menjadi juru pelihara.



Syekh Maulana Mansyur - Cikaduen

(SYECH MAULANA MANSYUR CIKADUEN /KI BUYUT MANSYUR)
Syech Maulana Mansyurudin kasohor nami Abu Nashr, Abdul Qohar, sareng Sultan
Haji, anjeuna putra Sultan Agung Tirtayasa Abdul Fattah.
Ceuk sakaol nalika taun 1651 M, Sultan Ageng Tirtayasa (Abdul Fattah) liren tina
kasultanan, dipasrahkeun ka putrana nyaeta Maulana Mansurudin Sultan katujuh
Banten, kinten-kinten 2 taun janten Sultan teras angkat ka Mekah. Kasultanan
dipasrahkeun ka putrana nyaeta Sultan Abdul Fadli, nalika angkat ka Mekah Syech
Maulana Mansur dipasihan wasiat ku ramana nyaeta upami angkat ka Mekkah ulah
mampir ka tempat sejen kedah langsung ka Mekkah lajeng ti Mekkah kedah langsung
ka Banten.
Dina sajeroning lalampahan ka Mekkah Syech Mansur hilap ka wasiat sepuhna
anjeuna singgah heula ka pulau Majeki, di dieu anjeuna nikah sareng ratu jin
gaduh putra hiji.
Salami Maulana Mansyur di pulau Majeki, Sultan Adipati Ishaq di banten kena
rayuan Walanda nu antukna anjeuna janten diangkat sultan ku Walanda. Nanging
sultan Abdul Fattah teu nyatujuan kedah ngantosan Maulana Mansyur, lajeng aya
kakacauan nu ahirna dongkap kapal anu ngaku Maulana Mansyur sarta nyandak
barang-barang ti Mekkah, dongkapna Sultan palsu ti Palabuhan Banten ka Surosowan
karaton Banten tetep ngangken Sultan Haji Abu Nashri nu ahirna jalmi-jalmi
percanten, mung Sultan Ageng nu teu percanten, padahal Sultan palsu the Raja
Pendeta turunan Jin ti pulo Majeki. Sultan Agen dipikahewa ku sarerea, lajeng
aya peperangan antawis Sultan Ageng sareng Sultan Haji palsu, nu ngabela Sultan
Ageng nyaeta Tubagus Buang. Salajengna kabar ayana perang ka Maulana Mansyur nu
aya di pulo Majeki yen aya perang ageing di Banten lajeng anjeuna emut kana
wasiat sepuhna nu tos dilanggar, anjeuna angkat ti pulo Majeki ka Mekkah
nyuhunkeun dihampura tina sagala dosa di Baitullah.
Saparantos kitu rupina tobat ti anjeuna ditampi ku Gusti Allah SWT sarta
dipasihan sababaraha elmu panemu sareng karomah. Anjeuna emut ka Banten sareng
izin ti Allah SWT anjeuna neuleum di sumur zam-zam lajeng muncul di Cibulakan,
Cimanuk bari nyandak kitab suci Al Qur'an dipanangana lajeng eta Qur'an janten
batu nu aya tulisan Qur'an eta tempat ayeuna katelahna "Batu Qur'an" nu
dikurilingan ku cai.
Sadongkapna ka kampung Cikoromoy teras nikah ka Nyai Sarinten gaduh putra namina
Muhammad Sholih jujulukna Kyai Abu Sholih, salami di Cikoromoy anjeuna
ngajarkeun syareat Islam. Nyai Sarinten pupus teras dimakamkeun di Pasarean
Cikarayu Cimanuk. Syech Maulana Mansyur pindah ka Cikadueun bari nyandak khadam
Ki Jemah teras nikah ka Ratu Jamilah ti Caringin Labuan. Dina hjiji waktos Syech
Maulana Mansyur ngadangu soanten meong heras pisan, barang ditingali sihoreng
eta meong dijapit ku kima, eta meong meredih menta tulung ka Syech Mansyur
sangkan ditulungan, kumargi Syech Mansyur wali sareng ngartos kana basa sato
sapada harita eta meong tiasa dilepaskeun tina kima. Saparantos kitu eta meong
dibeat ku Syech Mansyur nu eusina kieu "Maneh meong ulah ngaganggu ka sakur anak turunan kami", eta meong dikalungan surat Yasin dibehengna dipasihan nami si Pincang atanapi Raden Langlang Buana, Ki Buyut Kalam. Eta Meong janten rajana meong di 6 tempat nyaeta Ujung Kulon ratuna Ki Maha Dewa, Gunung Inten ratuna Ki Bima Laksana, Pakuwon Lumajang ratuna Raden Singa baruang, Majau ratuna Raden putrid, Manitung Nyayat nu sirahna dicalikan ku Si Pincang. Syech Maulana
Mansyur pupus di Cikadueun, Pandeglang, Banten sarta dimakamkeun diditu taun
1672 M.
حِزْبُ النـَّصـْرِ المُبـَارَكِ
لِسـَيـِّدي أبـِي الحـَسـَنِ الشـَّاذلـِي
بـِـسْـمِ اللهِ الرَّحمـنِ الرَّحـيمِ
اللهـُمَّ بـِسَطـْوَةِ جَبـَروتِ قـَهـْرِكَ وبـِسُرْعـَةِ إغـَاثـَةِ نـَصـْرِكَ وَبـِغِـيرَتـِكَ لإنـْـتـِهـَاكِ حُرُمَـاتِكَ وَبـِحـِمَايَتِكَ لِـمَن إحـْـتـَمـَى بـِآياتِكَ أسألـُكَ يا اللهُ يَا سَميعُ يَا قـَريبُ يَا مُجـِيبُ يَا سَريعُ يَا مُنـْتـَـقِمُ يَا شـَديدَ البَـطـْشِ يَا جَبََّارُ يَا قـَهـَّارُ يَا مَنْ لا يُعْـجـِزُهُ قـَهـْرُ الجَبـَابـِرَةِ ولا يَعْظـُمُ عـَلـَيْهِ هَلاكُ المُتـَمَرِّدَةِ مِنَ المُلوكِ والأكـَاسِرَةِ أن تـَجْـعَلَ كـَيـْدَ مَنْ كـَادَنِي في نـَحْرِهِ وَمَكـْرَ مَنْ مَكـَرَ بي عَـائِداً عَليهِ وَحُـفـْرَة مَنْ حَفـَرَ لي وَاقِعاً فيها وَمَنْ نـَصَبَ لي شـَبـَكـَة الخَدَاعِ إجْعَلـْهُ يا سَيِّدي مُسَاقاً إليها وَمُصَـاداً فيها وَأسِيراً لـَدَيْهـَا اللهُمَّ بـِحَقِّ كـهيعص إكـْـفِـنـَا هَمَّ العِدا وَلـَقـِّهـِمْ الرَّدَى وَإجْعـَلهُمْ لِكـُلِّ حَبيبٍ فِداً وَسَلـِّط عَلـَيـْهـِمْ عَاجـِلَ النـِّقـْمـَةِ في اليَوْمِ والغـَدِ. اللهُمَّ بَدِّدْ شـَمْلـَهـُمْ، اللهُمَّ فـَرِّق جَمْـعَـهـُم اللهُمَّ أقـْلِلْ عَدَدَهـُمْ، اللهُمَّ فـُلَّ حَدَّهُمْ، اللهُمَّ إجْعَلْ الدَّائِرَة عَلـَيـْهـِمْ اللهُمَّ أرْسِلْ العَذابَ إليهـِمْ، اللهُمَّ أخـْرِجْـهـُمْ عَنْ دَائِرَةِ الحِلـْمِ وَإسْـلـُبـْهـُمْ مَدَدَ الإمْـهـَالِ وغـُلَّ أيْديَهـُمْ وإرْبـِط عَلـَى قـُلوبـِهـِمْ ولا تـُبـَلـِّغـْهـُمْ الآمال، اللهُمَّ مَزِّقـْهـُمْ كـُلَّ مُمَزَّقٍ مَزَّقـْـتـَهُ لأعْدَائِكَ إنـْـتِصـَاراً لأنـْبـِيائِكَ وَرُسُـلِكَ وَأولِيائِـكَ اللهُمَّ إنـْـتـَصِرْ لنا إنـْـتـِصَـارَكَ لأحْبـَابـِكَ على أعْدَائِكَ، اللهُمَّ لا تـُمَكـِّنْ الأعْداءَ فينا ولا تـُسـَلـِطـَهـُمْ عَـلـَيْـنـَا بـِذنوبـِنـَا حم حم حم حـــم حم حم حم حُـمَّ الأمْرُ وَجَاءَ النـَصـْرُ فـَعـَلينـْا لا يـُنـْصـَرون حمعسق حِمَايَتـُنـَا مِمَّا نـَخـَافُ، اللهُمَّ قـِنـَا شـَرَّ الأسْواءِ ولا تـَجْعـَلنـَا مَحـَلاً للبـَلـْواءِ، اللهُمَّ أعْطِنـَا أمَلَ الرَّجَاءِ وَفـَوْقَ الأمَلِ يَا هُوَ يَا هُوَ يَا هُوَ يَا مَنْ بـِفـَضْـلِهِ لِفـَضْلِهِ نـَسْألْ – نـَسْألـُكَ العَجـَلَ العَجَلَ إلهي الإجَابَة الإجَابَة يَا مَنْ أجَابَ نـُوحاً في قـَوْمِهِ يَا مَنْ نـَصَرَ إبْراهِيمَ عَلى أعْدائِهِ يَا مَنْ رَدَّ يُوسُفَ على يَعْـقوب يَا مَنْ كـَشـَفَ ضـُرَّ أيُّوبَ يَا مَنْ أجَابَ دَعْوَةَ زكـَرِيَّا يَا مَنْ قـَبـِلَ تـَسـْبيحَ يُونـُسَ بـِنْ مَتـَّى نـَسْـألـُكَ بـِأسْرارِ أصْحـَابِ هَذِهِ الدَّعَوَاتِ أنْ تـَقـْبـَلَ مَا بـِهِ دَعَوْنـَاكَ وأنْ تـُعْطِينـَا مَا سَألناكَ أنـْجـِزْ لنـَا وَعْدَكَ الذي وَعَدْتـَهُ لِعِـبَادِكَ المُؤمِنين لا إلهَ الا أنـْتَ سُبْحَانـَكَ إني كـُنـْتُ مِنَ الظـَّالِمِينَ إنـْـقـَطـَعـَتْ آمَالـُنـَا وَعِزَّتِكَ الا مِنـْكَ وَخـَابَ رَجَاؤُنـَا وَحَـقِـكَ الا فيكَ.
إنْ أبْطـَأتْ غـَارَةُ الأرْحَامِ وإبْـتـَعـَدَتْ فـَأقـْرَبُ السَّيْرِ مِنـَّا غـَارَةُ اللهِ
يا غـَارَةَ اللهِ جـِدِي السـَّيـْرَ مُسْرِعَة في حَلِّ عُـقـْدَتـِنـَا يَا غـَارَةَ اللهِ
عَدَتْ العَادونَ وَجَارُوا وَرَجَوْنـَا اللهَ مُجـيراً
وَكـَفـَى باللهِ وَلـِيـَّا وَكـَفـَى باللهِ نـَصِيراً
حَسْبـُنـَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيلُ – ثلاثا
ولا حَوْلَ ولا قـُوَةَ الا باللهِ العَليِّ العَظِيمِ إسْـتـَجـِبْ لـَنـَا آمين – ثلاثا
فـَقـُطِعَ دَابـِرُ القـَوْمِ الذينَ ظـَلـَمُوا والحَمْدُ لِلهِ رَبَّ العَالـَمينَ ولا حَوْلَ ولا قـُوَّةَ الا باللهِ العَلِيّ العَظِيم

وَصَـلـَّى اللهُ عَـلـَى سَيـِّدِنـَا مُحَمَّدٍ النـَّبـِيّ الأمِيِّ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبـِهِ وَسَـلـَّمَ




Tidak ada komentar: