Add caption |
Abu Abdullah , ’Amr bin’Utsman al-Makkiy, salah seorang murid Junaid, mengunjungi Isfahan dan meninggal dunia di kota Baghdad pada tahun 291 H/ 904M. atau pada tahun 297H/910M.
’AMR BIN ’UTSMAN AL-MAKKIY DAN KITAB RAHASIA
Suatu hari ’Amr bin ’Utsman aI-Makkiy menterjemahkan Kitab Rahasia di atas sehelai kertas. Kertas tersebut ditaruhnya di
bawah sajadahnya. Ketika, ia pergi bersuci, saat itu ia dengar ada kegaduhan., lalu ia menyuruh seorang hambanya untuk mengambil kertas tersebut. Si hamba membalik sajadah itu, ternyata kertas tersebut telah hilang. Hal ini segera disampaikannya kepada tuannya.
“Buku itu telah hilang, dicuri orang”, ’Amr bin•’Utsman berkata. Kemudian ia menambahkan, “Orang yang mencuri Kitab Rahasia itu niscaya dalam waktu dekat ini akan dipotong kaki dan tangannya. Ia akan dimasukkan ke dalam kurungan, kemudian dibakar dan abunya akan diterbangkan angin. Pada saat ini pastilah ia telah sampai ke tempat Rahasia itu”,
bawah sajadahnya. Ketika, ia pergi bersuci, saat itu ia dengar ada kegaduhan., lalu ia menyuruh seorang hambanya untuk mengambil kertas tersebut. Si hamba membalik sajadah itu, ternyata kertas tersebut telah hilang. Hal ini segera disampaikannya kepada tuannya.
“Buku itu telah hilang, dicuri orang”, ’Amr bin•’Utsman berkata. Kemudian ia menambahkan, “Orang yang mencuri Kitab Rahasia itu niscaya dalam waktu dekat ini akan dipotong kaki dan tangannya. Ia akan dimasukkan ke dalam kurungan, kemudian dibakar dan abunya akan diterbangkan angin. Pada saat ini pastilah ia telah sampai ke tempat Rahasia itu”,
Sesungguhnya inilah yang tertulis di dalam Kitab Rahasia itu:
Ketika roh ditiupkan ke dalam tubuh Adam, Allah memerintahkan kepada semua malaikat untuk bersujud kepadanya. Semuanya bersujud ke atas tanah. Tetapi Iblis berkata: “Aku tidak mau bersujud. Akan kupertaruhkan hidupku, dan akan kulihat rahasia manusia itu walaupun karena itu aku akan dikutuk, disebut ingkar, berdosa dan munafik”.
Ketika roh ditiupkan ke dalam tubuh Adam, Allah memerintahkan kepada semua malaikat untuk bersujud kepadanya. Semuanya bersujud ke atas tanah. Tetapi Iblis berkata: “Aku tidak mau bersujud. Akan kupertaruhkan hidupku, dan akan kulihat rahasia manusia itu walaupun karena itu aku akan dikutuk, disebut ingkar, berdosa dan munafik”.
Iblis tidak bersujud. Oleh karena itulah
ia dapat melihat dan mengetahui rahasia manusia, dan hanya manusia
sajalah yang mengetahui rahasia Iblis. Jadi Iblis dapat mengetahui
rahasia manusia karena ia tidak mau bersujud dan karena tak bersujud
itulah ia memegang sebuah rahasia. Semua makhluk membenci Iblis karena
rahasia mereka telah dilihatnya.
“Kami telah menguburkan rahasia itu di dalam tanah”, mereka berkata. “Syarat untuk mendapatkan rahasia ini adalah seseorang yang melihatnya akan dipenggal kepalanya agar rahasia ini tidak dibocorkannya.”
“Di dalam hal ini, berilah aku kelonggaran”, si Iblis berseru. “Janganlah kalian membunuhku. Sesungguhnya aku telah mengetahui rahasia itu. Rahasia itu diperlihatkan kepadaku sewaktu mataku ini awas”.
Pedang Aku Tak Perduli berkumandang:
“Engkau adalah di antara orang-orang yang diberi kelonggaran. Kami beri engkau kelonggaran, tetapi Kami membuat manusia waspada terhadapmu. Jadi walau engkau tidak Kami binasakan, engkau akan dicurigai dan dicap sebagai pendusta, dan tak seorang pun yang akan menganggapmu sebagai pemuka kebenaran. Mereka akan berkata: “Ia adalah sebangsa jin dan telah mengingkari•perintah Allah”.
“Kami telah menguburkan rahasia itu di dalam tanah”, mereka berkata. “Syarat untuk mendapatkan rahasia ini adalah seseorang yang melihatnya akan dipenggal kepalanya agar rahasia ini tidak dibocorkannya.”
“Di dalam hal ini, berilah aku kelonggaran”, si Iblis berseru. “Janganlah kalian membunuhku. Sesungguhnya aku telah mengetahui rahasia itu. Rahasia itu diperlihatkan kepadaku sewaktu mataku ini awas”.
Pedang Aku Tak Perduli berkumandang:
“Engkau adalah di antara orang-orang yang diberi kelonggaran. Kami beri engkau kelonggaran, tetapi Kami membuat manusia waspada terhadapmu. Jadi walau engkau tidak Kami binasakan, engkau akan dicurigai dan dicap sebagai pendusta, dan tak seorang pun yang akan menganggapmu sebagai pemuka kebenaran. Mereka akan berkata: “Ia adalah sebangsa jin dan telah mengingkari•perintah Allah”.
” Ia adalah syaithan. Betapakah la akan mengatakan kebenaran? Oleh
karena ltulah ia dilaknat, ditolak,’ditinggalkan dan diabaikam.
Demikianlah terjemahan Kitab Rahasia oleh ’Amr bin Utsman.
’AMR BIN ’UTSMAN MENGENAI CINTA
Di dalam Kitab Mengenai Cinta, ’Amr bin ’Utsman menyatakan sebagai berikut.
Allah Yang Maha Besar menciptakan hati, tujuh puluh ribu tahun sebelum sukma, dan hati itu dimasukkan-Nya ke dalam Taman Shilaturrahmi. Dia menciptakan rahasia, tujuh puluh ribu tahun sebelum hati, dan rahasia ini dimasukkan•Nya ke dalam derajat keesaan.
Allah Yang Maha Besar menciptakan hati, tujuh puluh ribu tahun sebelum sukma, dan hati itu dimasukkan-Nya ke dalam Taman Shilaturrahmi. Dia menciptakan rahasia, tujuh puluh ribu tahun sebelum hati, dan rahasia ini dimasukkan•Nya ke dalam derajat keesaan.
Setiap hari, Allah memperlihatkan tiga ratus enam puluh kali kurnia dan
memperdengarkan tiga ratus enam puluh kata cinta kepada sukma. Setiap
hari diperlihatkan-Nya tiga ratus enam puluh kegembiraan silaturahmi
kepada hati. Setiap hari diperlihatkan-Nya tiga ratus enam puluh kali
keindahan kepada rahasia.
Maka mereka dapat melihat segala sesuatu di dalam dunia ini, dan mereka
menyangka bahwa tiada sesuatu pun yang lebih berharga daripada mereka.
Kesombongan dan keangkuhan terwujud di dalam diri mereka.
Oleh karena itulah Allah menguji mereka. Disembunyikan-Nya rahasia di
dalam sukma dan disembunyikan-Nya sukma di dalam hati. Kemudian
disembunyikan-Nya hati di dalam Jasmani. Kemudian diberi-Nya akal kepada
mereka.
Allah mengurus para Nabi dengan perintah-perintah-Nya. Dan setiap orang
di antara mereka berusaha mencari tempatnya masing-masing. Allah
memerintahkan agar mereka shalat, maka jasmani pun melakukan shalat,
hati mencapai cinta, sukma menjadi lebih dekat kepada-Nya, dan rahasia
berpadu dengan keesaan.
’AMR BIN ‘UTSMAN BERKIRIM SURAT KEPADA JUNAID
Ketika berada di Mekkah, ’Amr bin ’Utsman menulis surat kepada Junaid, Jurairi dan Syibli di negeri Irak. Beginilah bunyi suratnya:
Ketika berada di Mekkah, ’Amr bin ’Utsman menulis surat kepada Junaid, Jurairi dan Syibli di negeri Irak. Beginilah bunyi suratnya:
“Ketahuilah oleh kalian, wahai tokoh-tokoh terkemuka dan ketua-ketua di
negeri Irak, bahwa kalian harus mengatakan kepada setiap orang yang
ingin berkunjung ke negeri Hijaz dan menyaksikan keindahan Ka’bah,
Engkau tidak sampai ke sana kecuali dengan semangat yang gundah. Dan
katakan kepada setiap orang yang menginginkan permadani kehampiran-Nya
dan istana keagungan-Nya, Engkau tidak akan sampai ke sana kecuali
dengan sukma yang gundah”.
Di akhir surat itu ’Amr bin ’Utsman menulis, “Inilah sebuah pesan dari
’Amr bin ’Utsman al-Makkiy dan ketua-ketua negeri Hijaz yang senantiasa
bersama Dia, di dalam Dia, dan karena Dia. Jika salah seorang di antara
kamu mempunyai cita-cita yang luhur, maka katakanlah kepadanya:
“Ambillah jalan ini di mana terdapat dua ribu gunung berapi yang
menggelegar dan dua ribu samudra yang penuh badai dan mara bahaya. Jika
engkau tidak sanggup maka janganlah berlagak palsu, karena dengan lagak
palsu tidak sesuatu pun dapat engkau peroleh”.
Setelah menerima surat itu, Junaid memanggil tokoh-tokoh negeri Irak
untuk berkumpul. Kemudian setelah membacakan surat itu kepada mereka,
Junaid bertanya:
“Apakah‘yang dimaksud dengan gunung-gunung di dalam surat ini?”
“Yang dimaksud dengan gunung-gunung tersebut adalah ketiadaan”, jawab mereka, “Sebelum seorang manusia seribu kali ditiadakan dan seribu kali dihidupkan kembali, ia tidak akan dapat mencapai istana keagungan”.
“Apakah‘yang dimaksud dengan gunung-gunung di dalam surat ini?”
“Yang dimaksud dengan gunung-gunung tersebut adalah ketiadaan”, jawab mereka, “Sebelum seorang manusia seribu kali ditiadakan dan seribu kali dihidupkan kembali, ia tidak akan dapat mencapai istana keagungan”.
“Dan apa pula yang dimaksud di antara dua ribu gunung berapi itu baru satu sajalah yang pernah kudaki”, kata Junaid.
“Engkau cukup beruntung karena telah melalui salah satu di antara gunung-gunung itu”, Jurairi berkata, “Hingga saat ini baru tiga langkah yang aku tempuh” .
Syibli menangis terisak-isak, kemudian berkata:“Engkau cukup beruntung karena telah melalui salah satu di antara gunung-gunung itu”, Jurairi berkata, “Hingga saat ini baru tiga langkah yang aku tempuh” .
“Engkau beruntung Junaid, karena telah melalui sebuah gunung. Dan Engkau pun beruntung Jurairi, karena telah menempuh tiga langkah. Hingga saat ini aku belum melihat debu-debunya baik dari kejauhan sekali pun”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar