Nama lengkapnya adalah Abu Abdul Mu’ti Muhammad bin Umar bin Arbi bin
Ali Al-Tanara Al-Jawi Al-Bantani. Ia lebih dikenal dengan sebutan
Muhammad Nawawi Al-Jawi Al-Bantani. 1230-1314 H / 1815- 1897 M
Lahir dengan nama Muhammad Nawawi bin ‘Umar bin ‘Arabi. Ulama besar ini
hidup dalam tradisi keagamaan yang sangat kuat. Ulama yang lahir di
Kampung Tanara, sebuah desa kecil di kecamatan Tirtayasa, Kabupaten
Serang, Propinsi Banten (Sekarang di Kampung Pesisir, desa Pedaleman
Kecamatan Tanara depan Mesjid Jami’ Syaikh Nawawi Bantani) pada tahun
1230 H atau 1815 M ini bernasab kepada keturunan Maulana Hasanuddin
Putra Sunan Gunung Jati, Cirebon. Keturunan ke-12 dari Sultan Banten.
Nasab dia melalui jalur ini sampai kepada Baginda Nabi Muhammad saw.
Melalui keturunan Maulana Hasanuddin yakni Pangeran Suniararas, yang
makamnya hanya berjarak 500 meter dari bekas kediaman dia di Tanara,
nasab Ahlul Bait sampai ke Syaikh Nawawi. Ayah dia seorang Ulama Banten,
‘Umar bin ‘Arabi, ibunya bernama Zubaedah.
Pendidikan Syaikh
Pada usia lima tahun Syekh Nawawi belajar langsung dibawah asuhan
ayahandanya. Di usia yang masih kanak-kanak ini, beliau pernah bermimpi
ber-main dengan anak-anak sebayanya di sungai, karena merasakan haus ia
meminum air sungai tersebut sampai habis. Namun, rasa dahaganya tak
kunjung surut. Maka Nawawi bersama teman-temannya beramai-ramai pergi ke
laut dan air lautpun diminumnya seorang diri hingga mengering.
Ketika usianya memasuki delapan tahun, anak pertama dari tujuh
bersaudara itu memulai peng-gembaraannya mencari ilmu. Tempat pertama
yang dituju adalah Jawa Timur. Namun sebelum berangkat, Nawawi kecil
harus menyanggupi syarat yang diajukan oleh ibunya, “Kudo’akan dan
kurestui kepergianmu mengaji dengan syarat jangan pulang sebelum kelapa
yang sengaja kutanam ini berbuah.” Demikian restu dan syarat sang ibu.
Dan Nawawi kecilpun menyanggupi-nya.
Maka berangkatlah Nawawi kecil menjalankan kewajibannya sebagai seorang
muslim yaitu menuntut ilmu. Setelah tiga tahun di Jawa Timur, beliau
pindah ke salah satu pondok di daerah Cikampek (Jawa Barat) khusus
belajar lughat (bahasa) beserta dengan dua orang sahabatnya dari Jawa
Timur. Namun, sebelum diterima di pondok baru tersebut, mereka harus
mengikuti tes terlebih dahulu. Ternyata mereka ber-tiga dinyatakan
lulus. Tetapi menurut kyai barunya ini, pemuda yang bernama Nawawi tidak
perlu mengu-langi mondok. “Nawawi kamu harus segera pulang karena ibumu
sudah menunggu dan pohon kelapa yang beliau tanam sudah berbuah.”
Terang sang kyai tanpa memberitahu dari mana beliau tahu masalah itu.
Tidak lama setelah kepulangannya, Nawawi muda dipercaya yang mengasuh
pondok yang telah dirintis ayahnya. Di usianya yang masih relatif muda,
beliau sudah tampak kealimannya sehingga namanya mulai terkenal di
mana-mana. Mengingat semakin banyaknya santri baru yang berdatangan dan
asrama yang tersedia tidak lagi mampu menampung, maka kyai Nawawi
berinisiatif pindah ke daerah Tanara Pesisir.
Pada usia 15 tahun, ia mendapat kesempatan un-tuk pergi ke Makkah
menunaikan ibadah haji. Disana ia memanfaatkan waktunya untuk
mempelajari bebe-rapa cabang ilmu, diantaranya adalah: ilmu kalam,
bahasa dan sastra Arab, ilmu hadits, tafsir dan ilmu fiqh. Setelah tiga
tahun belajar di Makkah ia kembali ke daerahnya tahun 1833 M dengan
khazanah ilmu keagamaan yang relatif cukup lengkap untuk mem-bantu
ayahnya mengajar para santri.
Syaikh Nawawi telah mengajar banyak orang. Sampai kemudian karena
karamahnya yang telah mengkilap sebelia itu, dia mencari tempat di
pinggir pantai agar lebih leluasa mengajar murid-muridnya yang kian hari
bertambah banyak. Pada usia 15 tahun dia menunaikan haji dan berguru
kepada sejumlah ulama terkenal di Mekah, sepertiSyaikh Khâtib
al-Sambasi, Abdul Ghani Bima, Yusuf Sumbulaweni, Abdul Hamîd Daghestani,
Syaikh Sayyid Ahmad Nahrawi, Syaikh Ahmad Dimyati, Syaikh Ahmad Zaini
Dahlan, Syaikh Muhammad Khatib Hambali, dan Syaikh Junaid Al-Betawi.
Tapi guru yang paling berpengaruh adalah Syaikh Sayyid Ahmad
Nahrawi,Syaikh Junaid Al-Betawi dan Syaikh Ahmad Dimyati, ulama
terkemuka diMekah. Lewat ketiga Syaikh inilah karakter dia terbentuk.
Selain itu juga ada dua ulama lain yang berperan besar mengubah alam
pikirannya, yaitu Syaikh Muhammad Khatib dan Syaikh Ahmad Zaini Dahlan,
ulama besar di Medinah.
Perjuangan dan nasionalisme Syaikh
Tiga tahun bermukim di Mekah, dia pulang ke Banten. Sampai di tanah air
dia menyaksikan praktik-praktik ketidakadilan, kesewenang-wenangan dan
penindasan dari Pemerintah Hindia Belanda. Ia melihat itu semua lantaran
kebodohan yang masih menyelimuti umat. Tak ayal, gelora jihadpun
berkobar. Dia keliling Bantenmengobarkan perlawanan terhadap penjajah.
Tentu saja Pemerintah Belanda membatasi gara-geriknya. Dia dilarang
berkhutbah di masjid-masjid. Bahkan belakangan dia dituduh sebagai
pengikutPangeran Diponegoro yang ketika itu memang sedang mengobarkan
perlawanan terhadap penjajahan Belanda (1825- 1830 M).
Sebagai intelektual yang memiliki komitmen tinggi terhadap
prinsip-prinsip keadilan dan kebenaran, apa boleh buat Syaikh Nawawi
terpaksa menyingkir ke Negeri Mekah, tepat ketika perlawanan Pangeran
Diponegoro padam pada tahun 1830 M. Ulama Besar ini di masa mudanya juga
menularkan semangat Nasionalisme dan Patriotisme di kalangan
RakyatIndonesia. Begitulah pengakuan Snouck Hourgronje. Begitu sampai di
Mekah dia segera kembali memperdalam ilmu agama kepada guru-gurunya.
Dia tekun belajar selama 30 tahun, sejak tahun 1830 hingga 1860 M.
Ketika itu memang dia berketepatan hati untuk mukim di tanah suci, satu
dan lain hal untuk menghindari tekanan kaum penjajah Belanda. Nama dia
mulai masyhur ketika menetap di Syi'ib ‘Ali, Mekah. Dia mengajar di
halaman rumahnya. Mula-mula muridnya cuma puluhan, tapi makin lama makin
jumlahnya kian banyak. Mereka datang dari berbagai penjuru dunia. Maka
jadilah Syaikh Nawawi al-Bantani al-Jawi sebagai ulama yang dikenal
piawai dalam ilmu agama, terutama tentang tauhid, fiqih, tafsir, dan
tasawwuf.
Nama dia semakin melejit ketika dia ditunjuk sebagai pengganti Imam
Masjidil Haram, Syaikh Khâtib al-Minagkabawi. Sejak itulah dia dikenal
dengan nama resmi Syaikh Nawawi al-Bantani al-Jawi.’ Artinya Nawawi dari
Banten, Jawa. Piawai dalam ilmu agama, masyhur sebagai ulama. Tidak
hanya di kota Mekah dan Medinah saja dia dikenal, bahkan di negeri Mesir
nama dia masyhur di sana. Itulah sebabnya ketika Indonesia
memproklamirkan kemerdekaannya. Mesir negara yang pertama-tama mendukung
atas kemerdekaan Indonesia.
Syekh Nawawi Banten Sebagai Mahaguru Sejati
Syaikh Nawawi masih tetap mengobarkan nasionalisme dan patriotisme di
kalangan para muridnya yang biasa berkumpul di perkampungan Jawa di
Mekah. Di sanalah dia menyampaikan perlawanannya lewat
pemikiran-pemikirannya. Kegiatan ini tentu saja membuat pemerintah
Hindia Belanda berang. Tak ayal, Belandapun mengutus Snouck Hourgronje
ke Mekah untuk menemui dia.
Ketika Snouck–yang kala itu menyamar sebagai orang Arab dengan nama ‘Abdul Ghafûr-bertanya:
“Mengapa dia tidak mengajar di Masjidil Haram tapi di perkampungan Jawa?”.
Dengan lembut Syaikh Nawawi menjawab:
“Pakaianku yang jelek dan kepribadianku tidak cocok dan tidak pantas dengan keilmuan seorang professor berbangsa Arab”.
Lalu kata Snouck lagi:
”Bukankah banyak orang yang tidak sepakar seperti anda akan tetapi juga mengajar di sana?”.
Syaikh Nawawi menjawab :
“Kalau mereka diizinkan mengajar di sana, pastilah mereka cukup berjasa".
Dari beberapa pertemuan dengan Syaikh Nawawi, Orientalis Belanda itu
mengambil beberapa kesimpulan. Menurutnya, Syaikh Nawawi adalah Ulama
yang ilmunya dalam, rendah hati, tidak congkak, bersedia berkorban demi
kepentingan agama dan bangsa. Banyak murid-muridnya yang di belakang
hari menjadi ulama, misalnya K.H. Hasyim Asyari (Pendiri Nahdhatul
Ulama), K.H. Ahmad Dahlan (PendiriMuhammadiyah), K.H. Khalil Bangkalan,
K.H. Asnawi Kudus, K.H. Tb. Bakrie Purwakarta, K.H. Arsyad Thawil, dan
lain-lainnya.
Konon, K.H. Hasyim Asyari saat mengajar santri-santrinya di Pesantren
Tebu Ireng sering menangis jika membaca kitab fiqih Fath al-Qarîb yang
dikarang oleh Syaikh Nawawi. Kenangan terhadap gurunya itu amat mendalam
di hati K.H. Hasyim Asyarihingga haru tak kuasa ditahannya setiap kali
baris Fath al-Qarib ia ajarkan pada santri-santrinya.
Syaikh Nawawi al-Bantani al-Jawi menikah dengan Nyai Nasimah, gadis asal
Tanara, Banten dan dikaruniai 3 anak: Nafisah, Maryam, Rubi’ah. Sang
istri wafat mendahului beliau
Nama Syekh Nawawi Banten sudah tidak asing lagi bagi umat Islam
Indonesia. Bahkan kebanyakan orang menjulukinya sebagai Imam Nawawi
kedua. Imam Nawawi pertama adalah yang membuat Syarah Shahih Muslim,
Majmu’ Syarhul Muhadzab, Riyadhus Sholihin dan lain-lain. Melalui
karya-karyanya yang tersebar di Pesantren-pesantren tradisional yang
sampai sekarang masih banyak dikaji, nama kyai asal Banten ini seakan
masih hidup dan terus menyertai umat memberikan wejangan ajaran Islam
yang menyejuk-kan. Di setiap majelis ta’lim karyanya selalu dijadikan
rujukan utama dalam berbagai ilmu, dari ilmu tauhid, fiqh, tasawuf
sampai tafsir. Karya-karyanya sangat terkenal.
Di kalangan komunitas pesantren Syekh Nawawi tidak hanya dikenal sebagai
ulama penulis kitab, tapi juga mahaguru sejati (the great scholar).
Nawawi telah banyak berjasa meletakkan landasan teologis dan
batasan-batasan etis tradisi keilmuan di lembaga pendidikan pesantren.
Ia turut banyak membentuk keintelektualan tokoh-tokoh para pendiri
pesantren yang sekaligus juga banyak menjadi tokoh pendiri organisasi
Nahdlatul Ulama (NU). Apabila KH. Hasyim Asy’ari sering disebut sebagai
tokoh yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya NU, maka Syekh
Nawawi adalah guru utamanya. Di sela-sela pengajian kitab-kitab karya
gurunya ini, seringkali KH. Hasyim Asy’ari bernostalgia bercerita
tentang kehidupan Syekh Nawawi, kadang mengenangnya sampai meneteskan
air mata karena besarnya kecintaan beliau terhadap Syekh Nawawi.
Goresan Tinta Syekh Nawawi
Di samping digunakan untuk mengajar kepada para muridnya, seluruh
kehidupan beliau banyak dicurahkan untuk mengarang beberapa kitab besar
sehingga tak terhitung jumlahnya. Konon saat ini masih terdapat ratusan
judul naskah asli tulisan tangan Syekh Nawawi yang belum sempat
diterbitkan.
Kitab-kitab karangan beliau banyak yang di-terbitkan di Mesir,
seringkali beliau hanya mengirim-kan manuskripnya dan setelah itu tidak
memperduli-kan lagi bagaimana penerbit menyebarkan hasil karyanya,
termasuk hak cipta dan royaltinya, selanjutnya kitab-kitab beliau itu
menjadi bagian dari kurikulum pendidikan agama di seluruh pesantren di
Indonesia, bahkan Malaysia, Filipina, Thailand dan juga negara-negara di
Timur Tengah. Menurut Ray Salam T. Mangondana, peneliti di Institut
Studi Islam, Universitas of Philippines, ada sekitar 40 sekolah agama
tradisional di Filipina yang menggunakan karya Nawawi sebagai kurikulum
belajarnya. Selain itu Sulaiman Yasin, dosen di Fakultas Studi Islam
Universitas Kebangsaan di Malaysia juga menggunakan karya beliau untuk
mengajar di kuliahnya. Pada tahun 1870 para ulama universitas Al-Azhar
Mesir pernah mengundang beliau untuk memberikan kuliah singkat di suatu
forum diskusi ilmiah. Mereka tertarik untuk mengundang beliau, karena
sudah dikenal di seantero dunia.
Kepakaran dia tidak diragukan lagi. Ulama asal Mesir, Syaikh 'Umar
'Abdul Jabbâr dalam kitabnya "al-Durûs min Mâdhi al-Ta’lîm wa Hadlirih
bi al-Masjidil al-Harâm”(beberapa kajian masa lalu dan masa kini tentang
Pendidikan Masa kini di Masjidil Haram) menulis bahwa Syaikh Nawawi
sangat produktif menulis hingga karyanya mencapai seratus judul lebih,
meliputi berbagai disiplin ilmu. Banyak pula karyanya yang berupa syarah
atau komentar terhadap kitab-kitab klasik. Sebagian dari karya-karya
Syaikh Nawawi di antaranya adalah sebagai berikut:
al-Tsamâr al-Yâni’ah syarah al-Riyâdl al-Badî’ah
al-‘Aqd al-Tsamîn syarah Fath al-Mubîn
Sullam al-Munâjah syarah Safînah al-Shalâh
Baĥjah al-Wasâil syarah al-Risâlah al-Jâmi’ah bayn al-Usûl wa al-Fiqh wa al-Tasawwuf
al-Tausyîh/ Quwt al-Habîb al-Gharîb syarah Fath al-Qarîb al-Mujîb
Niĥâyah al-Zayyin syarah Qurrah al-‘Ain bi Muĥimmâh al-Dîn
Marâqi al-‘Ubûdiyyah syarah Matan Bidâyah al-Ĥidâyah
Nashâih al-‘Ibâd syarah al-Manbaĥâtu ‘ala al-Isti’dâd li yaum al-Mi’âd
Salâlim al-Fadhlâ΄ syarah Mandhûmah Ĥidâyah al-Azkiyâ΄
Qâmi’u al-Thugyân syarah Mandhûmah Syu’bu al-Imân
al-Tafsir al-Munîr li al-Mu’âlim al-Tanzîl al-Mufassir ‘an wujûĥ mahâsin
al-Ta΄wil musammâ Murâh Labîd li Kasyafi Ma’nâ Qur΄an Majîd
Kasyf al-Marûthiyyah syarah Matan al-Jurumiyyah
Fath al-Ghâfir al-Khathiyyah syarah Nadham al-Jurumiyyah musammâ al-Kawâkib al-Jaliyyah
Nur al-Dhalâm ‘ala Mandhûmah al-Musammâh bi ‘Aqîdah al-‘Awwâm
Tanqîh al-Qaul al-Hatsîts syarah Lubâb al-Hadîts
Madârij al-Shu’ûd syarah Maulid al-Barzanji
Targhîb al-Mustâqîn syarah Mandhûmah Maulid al-Barzanjî
Fath al-Shamad al ‘Âlam syarah Maulid Syarif al-‘Anâm
Fath al-Majîd syarah al-Durr al-Farîd
Tîjân al-Darâry syarah Matan al-Baijûry
Fath al-Mujîb syarah Mukhtashar al-Khathîb
Murâqah Shu’ûd al-Tashdîq syarah Sulam al-Taufîq
Kâsyifah al-Sajâ syarah Safînah al-Najâ
al-Futûhâh al-Madaniyyah syarah al-Syu’b al-Îmâniyyah
‘Uqûd al-Lujain fi Bayân Huqûq al-Zaujain
Qathr al-Ghais syarah Masâil Abî al-Laits
Naqâwah al-‘Aqîdah Mandhûmah fi Tauhîd
al-Naĥjah al-Jayyidah syarah Naqâwah al-‘Aqîdah
Sulûk al-Jâdah syarah Lam’ah al-Mafâdah fi bayân al-Jumu’ah wa almu’âdah
Hilyah al-Shibyân syarah Fath al-Rahman
al-Fushûsh al-Yâqutiyyah ‘ala al-Raudlah al-Baĥîyyah fi Abwâb al-Tashrîfiyyah
al-Riyâdl al-Fauliyyah
Mishbâh al-Dhalâm’ala Minĥaj al-Atamma fi Tabwîb al-Hukm
Dzariyy’ah al-Yaqîn ‘ala Umm al-Barâĥîn fi al-Tauhîd
al-Ibrîz al-Dâniy fi Maulid Sayyidina Muhammad al-Sayyid al-Adnâny
Baghyah al-‘Awwâm fi Syarah Maulid Sayyid al-Anâm
al-Durrur al-Baĥiyyah fi syarah al-Khashâish al-Nabawiyyah
Lubâb al-bayyân fi ‘Ilmi Bayyân.
Karya tafsirnya, al-Munîr, sangat monumental, bahkan ada yang mengatakan
lebih baik dari Tafsîr Jalâlain, karya Imâm Jalâluddîn al-Suyûthi dan
Imâm Jalâluddîn al-Mahâlli yang sangat terkenal itu.
Sementara Kâsyifah al-Sajâ syarah merupakan syarah atau komentar
terhadap kitab fiqih Safînah al-Najâ, karya Syaikh Sâlim bin Sumeir
al-Hadhramy. Para pakar menyebut karya dia lebih praktis ketimbang matan
yang dikomentarinya.
Karya-karya dia di bidang Ilmu Akidah misalnya Tîjân al-Darâry, Nûr al-Dhalam, Fath al-Majîd.
Sementara dalam bidang Ilmu Hadits misalnya Tanqih al-Qaul. Karya-karya
dia di bidang Ilmu Fiqih yakni Sullam al-Munâjah, Niĥâyah al-Zain,
Kâsyifah al-Sajâ. Adapun Qâmi’u al-Thugyân, Nashâih al-‘Ibâd dan Minhâj
al-Raghibi merupakan karya tasawwuf.
Ada lagi sebuah kitab fiqih karya dia yang sangat terkenal di kalangan
para santri pesantren di Jawa, yaitu Syarah ’Uqûd al-Lujain fi Bayân
Huqûq al-Zaujain. Hampir semua pesantren memasukkan kitab ini dalam
daftar paket bacaan wajib, terutama di Bulan Ramadhan. Isinya tentang
segala persoalan keluarga yang ditulis secara detail. Hubungan antara
suami dan istri dijelaskan secara rinci.
Kitab yang sangat terkenal ini menjadi rujukan selama hampir seabad.
Tapi kini, seabad kemudian kitab tersebut dikritik dan digugat, terutama
oleh kalangan muslimah. Mereka menilai kandungan kitab tersebut sudah
tidak cocok lagi dengan perkembangan masa kini. Tradisi syarah atau
komentar bahkan kritik mengkritik terhadap karya dia, tentulah tidak
mengurangi kualitas kepakaran dan intelektual dia.
Karomah-Karomah Syekh Nawawi Al-Bantani
Pada suatu malam Syekh Nawawi sedang dalam perjalanan dari Makkah ke
Madinah. Beliau duduk di atas ‘sekedup’ onta atau tempat duduk yang
berada di punggung onta. Dalam perjalanan di malam hari yang gelap
gulita ini, beliau mendapat inspirasi untuk menulis dan jika
insipirasinya tidak segera diwujudkan maka akan segera hilang dari
ingatan, maka berdo’alah ulama ‘alim allamah ini, “Ya Allah, jika
insipirasi yang Engkau berikan malam ini akan bermanfaat bagi umat dan
Engkau ridhai, maka ciptakanlah telunjuk jariku ini menjadi lampu yang
dapat menerangi tempatku dalam sekedup ini, sehingga oleh kekuasaan-Mu
akan dapat menulis inspirasiku.” Ajaib! Dengan kekuasaan-Nya, seketika
itu pula telunjuk Syekh Nawawi menyala, menerangi ‘sekedup’nya. Mulailah
beliau menulis hingga selesai dan telunjuk jarinya itu kembali padam
setelah beliau menjelaskan semua penulisan hingga titik akhir. Konon,
kitab tersebut adalah kitabMaroqil Ubudiyah, komentar kitab Bidayatul
Hidayah karangan Imam Al-Ghazali.
Konon, pada suatu waktu pernah dia mengarang kitab dengan menggunakan
telunjuk dia sebagai lampu, saat itu dalam sebuah perjalanan. Karena
tidak ada cahaya dalam syuqduf yakni rumah-rumahan di punggung unta,
yang dia diami, sementara aspirasi tengah kencang mengisi kepalanya.
Syaikh Nawawi kemudian berdoa memohon kepada Allah Ta’ala agar telunjuk
kirinya dapat menjadi lampu menerangi jari kanannya yang untuk menulis.
Kitab yang kemudian lahir dengan nama Marâqi al-‘Ubudiyyah syarah Matan
Bidâyah al-Hidayah itu harus dibayar dia dengan cacat pada jari telunjuk
kirinya. Cahaya yang diberikan Allah pada jari telunjuk kiri dia itu
membawa bekas yang tidak hilang.
Karamah dia yang lain juga diperlihatkannya di saat mengunjungi salah
satu masjid di Jakarta yakni Masjid Pekojan. Masjid yang dibangun oleh
salah seorang keturunan cucu Rasulullah saw Sayyid Utsmân bin ‘Agîl bin
Yahya al-‘Alawi, Ulama dan Mufti Betawi (sekarang ibukota Jakarta), itu
ternyata memiliki kiblat yang salah. Padahal yang menentukan kiblat bagi
mesjid itu adalah Sayyid Utsmân sendiri.
Tak ayal , saat seorang anak remaja yang tak dikenalnya menyalahkan
penentuan kiblat, kagetlah Sayyid Utsmân. Diskusipun terjadi dengan seru
antara mereka berdua. Sayyid Utsmân tetap berpendirian kiblat Mesjid
Pekojan sudah benar. Sementara Syaikh Nawawi remaja berpendapat arah
kiblat mesti dibetulkan. Saat kesepakatan tak bisa diraih karena
masing-masing mempertahankan pendapatnya dengan keras, Syaikh Nawawi
remaja menarik lengan baju lengan Sayyid Utsmân. Dirapatkan tubuhnya
agar bisa saling mendekat.
“ “Lihatlah Sayyid!, itulah
Ka΄bah tempat Kiblat kita. Lihat dan perhatikanlah! Tidakkah Ka΄bah itu
terlihat amat jelas? Sementara Kiblat masjid ini agak kekiri. Maka
perlulah kiblatnya digeser ke kanan agar tepat menghadap ke Ka΄bah".
Ujar Syaikh Nawawi remaja. ”
Sayyid Utsmân termangu. Ka΄bah yang ia lihat dengan mengikuti telunjuk
Syaikh Nawawi remaja memang terlihat jelas. Sayyid Utsmân merasa takjub
dan menyadari , remaja yang bertubuh kecil di hadapannya ini telah
dikaruniai kemuliaan, yakni terbukanya nur basyariyyah. Dengan karamah
itu, di manapun dia berada Ka΄bah tetap terlihat. Dengan penuh hormat,
Sayyid Utsmân langsung memeluk tubuh kecil dia. Sampai saat ini, jika
kita mengunjungi Masjid Pekojan akan terlihat kiblat digeser, tidak
sesuai aslinya.
Telah menjadi kebijakan Pemerintah Arab Saudi bahwa orang yang telah
dikubur selama setahun kuburannya harus digali. Tulang belulang si mayat
kemudian diambil dan disatukan dengan tulang belulang mayat lainnya.
Selanjutnya semua tulang itu dikuburkan di tempat lain di luar kota.
Lubang kubur yang dibongkar dibiarkan tetap terbuka hingga datang
jenazah berikutnya terus silih berganti. Kebijakan ini dijalankan tanpa
pandang bulu. Siapapun dia, pejabat atau orang biasa, saudagar kaya atau
orang miskin, sama terkena kebijakan tersebut. Inilah yang juga menimpa
makam Syaikh Nawawi.
Setelah kuburnya genap berusia satu tahun, datanglah petugas dari
pemerintah kota untuk menggali kuburnya. Tetapi yang terjadi adalah hal
yang tak lazim. Para petugas kuburan itu tak menemukan tulang belulang
seperti biasanya. Yang mereka temukan adalah satu jasad yang masih utuh.
Tidak kurang satu apapun, tidak lecet atau tanda-tanda pembusukan
seperti lazimnya jenazah yang telah lama dikubur. Bahkan kain putih
kafan penutup jasad dia tidak sobek dan tidak lapuk sedikitpun.
Terang saja kejadian ini mengejutkan para petugas. Mereka lari
berhamburan mendatangi atasannya dan menceritakan apa yang telah
terjadi. Setelah diteliti, sang atasan kemudian menyadari bahwa makam
yang digali itu bukan makam orang sembarangan. Langkah strategis lalu
diambil. Pemerintah melarang membongkar makam tersebut. Jasad dia lalu
dikuburkan kembali seperti sediakala. Hingga sekarang makam dia tetap
berada di Ma΄la, Mekah.
Demikianlah karamah Syaikh Nawawi al-Bantani al-Jawi. Tanah organisme
yang hidup di dalamnya sedikitpun tidak merusak jasad dia. Kasih sayang
Allah Ta’ala berlimpah pada dia. Karamah Syaikh Nawawi yang paling
tinggi akan kita rasakan saat kita membuka lembar demi lembar Tafsîr
Munîr yang dia karang. Kitab Tafsir fenomenal ini menerangi jalan siapa
saja yang ingin memahami Firman Allah swt. Begitu juga dari
kalimat-kalimat lugas kitab fiqih, Kâsyifah al-Sajâ, yang menerangkan
syariat. Begitu pula ratusan hikmah di dalam kitab Nashâih al-‘Ibâd.
Serta ratusan kitab lainnya yang akan terus menyirami umat dengan cahaya
abadi dari buah tangan dia.
Wafatnya Imam
Masa selama 69 tahun mengabdikan dirinya sebagai guru Umat Islam telah
memberikan pandangan-pandangan cemerlang atas berbagai masalah
umatIslam. Syaikh Nawawi wafat di Mekah pada tanggal 25 syawal 1314 H/
1897 M. Tapi ada pula yang mencatat tahun wafatnya pada tahun 1316 H/
1899 M. Makamnya terletak di pekuburan Ma'la di Mekah. Makam dia
bersebelahan dengan makam anak perempuan dari Sayyidina Abu Bakar
Ash-Shiddiq, Asma΄ binti Abû Bakar al-Siddîq.
Pembantaian Keluarga Syeikh Nawawi oleh Kaum Wahabi
Kisah ini diceritakan oleh keturunan dari keluarga Syaikh Nawawi
al-Bantani yang berhasil lolos dari kejaran Wahabi. Beliau adalah KH.
Thabari Syadzily. Berikut adalah sedikit kisah pembataian tersebut.
Pada zaman dahulu di kota Mekkah keluarga Syeikh Nawawi bin Umar
Al-Bantani (Muallif Kitab) pun tidak luput dari sasaran pembantaian
Wahabi. Ketika salah seorang keluarga beliau sedang duduk memangku
cucunya, kemudian gerombolan Wahabi datang memasuki rumahnya tanpa
diundang dan langsung membunuh dan membantainya hingga tewas. Darahnya
mengalir membasahi tubuh cucunya yang masih kecil yang sedang dipangku
oleh beliau.
Sedangkan keluarganya yang lain terutama golongan yang laki-laki
dikejar-kejar oleh gerombolan Wahabi untuk dibunuh. Alhamdulillah,
mereka selamat sampai ke Indonesia dengan cara menyamar sebagai
perempuan.
Posisi Strategis Syeikh Nawawi bagi Dunia dan Indonesia
1. Syekh Nawawi Al-Bantani adalah satu dari tiga ulama Indonesia yang
mengajar di Masjid Al-Haram di Makkah Al-Mukarramah pada abad ke-19 dan
awal abad ke-20. Dua yang lain ialah muridnya, Ahmad Khatib Minangkabau
dan Kiai Mahfudz Termas. Ini menunjukkan bahwa keilmuannya sangat diakui
tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di semenanjung Arab. Syekh
Nawawi sendiri menjadi pengajar di Masjid al-Haram sampai akhir hayatnya
yaitu sampai 1898, lalu dilanjutkan oleh kedua muridnya itu. Wajar,
jika ia dimakamkan berdekatan dengan makam istri Nabi Khadijah di Ma’la.
2. Syekh Nawawi Al-Bantani mendapatkan gelar “Sayyidu Ulama’ al-Hijaz”
yang berarti “Sesepuh Ulama Hijaz” atau “Guru dari Ulama Hijaz” atau
“Akar dari Ulama Hijaz”. Yang menarik dari gelar di atas adalah \beliau
tidak hanya mendapatkan gelar “Sayyidu ‘Ulama al-Indonesi” sehingga
bermakna, bahwa kealiman beliau diakui di semenanjung Arabia, apalagi di
tanah airnya sendiri. Selain itu, beliau juga mendapat gelar “al-imam
wa al-fahm al-mudaqqig” yang berarti “Tokoh dan pakar dengan pemahaman
yang sangat mendalam”. Snouck Hourgronje member gelar “Doktor Teologi”.
3. Pada tahun 1870, Syekh Nawawi diundang para ulama Universitas
Al-Azhar dalam sebuah seminar dan diskusi, sebagai apresiasi terhadap
penyebaran buku-buku Syekh Nawawi di Mesir. Ini membuktikan bahwa ulama
al-Azhar mengakui kepakaran Syekh Nawawi al-Bantani.
4. Paling tidak terdapat 34 karya Syekh Nawawi yang tercatat dalam
Dictionary of Arabic Printed Books. Namun beberapa kalangan lainnya
malah menyebut karya-karyanya mencapai lebih dari 100 judul, meliputi
berbagai disiplin ilmu, seperti tauhid, ilmu kalam, sejarah, syari’ah,
tafsir, dan lainnya. Sebagian karyanya tersebut juga diterbitkan di
Timur Tengah. Dengan kiprah dan karya-karyanya ini, menempatkan dirinya
sebagai alim terpandang di Timur Tengah, lebih-lebih di Indonesia.
5. Kelebihan dari Syekh Nawawi al-Bantani adalah menjelaskan makna
terdalam dari bahasa Arab, termasuk sastera Arab yang susah dipahami,
melalui syarah-syarahnya. Bahasa yang digunakan Syekh Nawawi memudahkan
pembaca untuk memahami isi sebuah kitab. Wajar jika syarah Syekh Nawawi
menjadi rujukan, karena dianggap paling otentik dan paling sesuai maksud
penulis awal. Bahkan, di Indonesia dan beberapa segara lain, syarah
Syekh Nawawi paling banyak dicetak yang berarti paling banyak digunakan
dibandingkan dengan buku yang terbit tanpa syarahnya.
6. Syekh Nawawi hidup di zaman di mana pemikiran Islam penuh perdebatan
ekstrim antara pemikiran yang berorientasi pada syari’at dan mengabaikan
hal yang bersifat sufistik di satu sisi (seperti Wahabi) serta
sebaliknya pemikiran yang menekankan sufisme lalu mengabaikan syari’at
di sisi lain (Seperti tarekat aliran Ibn Arabi). Kelebihan dari Syekh
Nawawi adalah mengambil jalan tengah di antara keduanya. Menurutnya,
syari’at memberikan panduan dasar bagi manusia untuk mencapai kesucian
rohani.
Karena itu, seseorang dianggap gagal jika setelah melaksanakan panduan
syari’at dengan baik, namun rohaninya masih kotor. Hal sama juga berlaku
bagi seorang sufi. Mustahil ia akan mencapai kesucian rohani yang
hakiki, bukan kesucian rohani yang semu, jika ia melanggar atau malah
menabrak aturan syari’at. Selain itu, di masa itu juga muncul pemikiran
yang secara ekstrem mengutamakan aqli dan mengabaikan naqli atau
sebaliknya mengutamakan naqli dan mengabaikan aqli. Namun Syekh Nawawi
berhasil mempertemukan di antara keduanya, bahwa dalil naqli dan aqli
harus digunakan secara bersamaan. Namun jika ada pertentangan di antara
kedunya, maka dalil naqli harus diutamakan.
7. Dalam konteks Indonesia, Syekh Nawawi merupakan tokoh penting yang
memperkenalkan dan menancapkan pengaruh Teologi ‘Asy’ariyah. Teologi ini
merupakan teologi jalan tengah antara Teologi Qadariyah bahwa manusia
mempunyai kebebasan mutlak dengan teologi Jabariyah yang menganggap
manusia tidak mempunyai kebebasan untuk berbuat baik atau berbuat jahat.
8. Cara berpikir jalan tengah ini kemudian diadopsi dengan baik oleh
Nahdlatul Ulama (NU). Karena itu, banyak kalangan yang berpandangan
bahwa NU merupakan institusionalisasi dari cara berpikir yang dianut
oleh Syekh Nawawi al-Bantani. Apalagi pendiri NU, KH. Hasyim ‘Asy’ari
merupakan salah satu murid dari Syekh Nawawi al-Bantani.
9. Dalam konteks penjajahan, Syekh Nawawi al-Bantani berpendapat bahwa
bekerja sama dengan penjajah Belanda adalah haram hukumnya. Karena itu,
murid-murid Syekh Nawawi al-Bantani merupakan bagian terpenting dari
sejarah perjuangan memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Pemberontakan
Petani Banten di abad 18 yang sangat merugikan Belanda, misalnya,
merupakan salah satu contoh dari karya murid Syek Nawawi. Karena itu,
wajar jika Syekh Nawawi menjadi salah satu objek “mata-mata” Snouck
Hourgronje.
10. Berdasarkan penelitian Martin Van Bruinesen (Indonesianis dari
Belanda) setelah mengadakan penelitian di 46 pesantren terkemuka di
Indonesia ia berkesimpulan bahwa 42 dari 46 pesantren itu menggunakan
kitab-kitab yang ditulis Syekh Nawawi al-Bantani. Menurut Martin,
sekurang-kurangnya 22 karangan Nawawi yang menjadi rujukan di berbagai
Pesantren